Menghadapi Ekonomi Digital, Himanomi Gelar Ecotion Fair

Untuk menghadapi persaingan perkembangan ekonomi dalam dunia digital, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi menggelar Economic Education (Ecotion) Fair 2019. Sebagai acara tahunan, Ecotion Fair 2019 merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya. Mengusung tema “Mencetak Generasi Muda yang Mandiri dan Berdaya Saing dalam Ekonomi Digital”, Ecotion Fair menjawab tantangan pada zaman teknologi ini. Salah satunya pada Economic Competition, yakni perlombaan ekonomi antar siswa/siswi tingkat SMA/MA se-Jawa Tengah. Dalam perlombaan yang diikuti 100 siswa dari 50 tim ini tidak menggunakan kertas sebagai medianya, namun sudah menggunakan teknologi digital. Peserta lomba datang dari berbagai daerah di Jawa Tengah, seperti dari Wonotunggal, Pemalang, Simbangkulon, Jepara, Pati, Blora, dan masih banyak lagi.
“Pada dasarnya, Economic Competition ini bertujuan untuk mencetak generasi-generasi penerus yang lebih kreatif dan berjiwa kompetitif” ujar Aminatun Siska, Ketua Himanomi.
Selain Economic Competition, masih ada banyak rangkaian acara yang akan dilaksanakan. Expo Ekonomi Kreatif adalah salah satunya. Dalam expo ini, nanti akan ada 12 stand khusus peserta mahasiswa Pendidikan Ekonomi semester 1, 3, dan 5.
Selanjutnya ada Seminar Nasional Digital Marketing, yang akan berlangsung pada 17 Oktober 2019. Peserta seminar tidak hanya berasal dari mahasiswa Pendidikan Ekonomi saja, namun mahasiswa lintas jurusan pun ikut berpartisipasi.
Kemudian nanti akan ada Musyawarah Wilayah II Imapesi (Ikatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia). “Terdapat tujuh universitas yang telah tergabung, yaitu dari UNY, UNS, Unnes, Unsoed, Unsil, Uhamka, dan UPGRIS sebagai tuan rumah musyawarah” tutur Ketua Himanomi tersebut. Musyawarah nantinya akan berlangsung di Hotel Muria Semarang dan setiap pesertanya diwajibkan mengikuti lomba artikel.

Nurul Hidayah/Tri Agustin