Generasi Muda Lestarikan Budaya

Selasa, 22/10/2019-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sangkatama Universitas PGRI Semarang, kembali menggelar Pagelaran Sendratari Mahakarya ke-2 yang diselenggarakan di Balairung UPGRIS. Pagelaran Sendratari Mahakarya ini merupakan program tahun kedua yang digelar oleh UKM Sangkatama. Diselenggarakannya pagelaran seni ini untuk mengangkat judul Dumadining Salatiga dan disutradarai oleh Rama Ayu Argani. Pementasan kali ini menceritakan kisah asal mula terbentuknya nama Salatiga. Penampilan yang diiringi dengan alat musik Jawa menambah keselarasan dalam pagelaran, menjadikan penonton fokus menyimak jalan ceritanya.

Pagelaran ini tidak hanya ditonton oleh mahasiswa Universitas PGRI Semarang, ada juga siswa SMA Lab School UPGRIS juga turut hadir meramaikan Balairung serta turut mengapresiasi budaya. Diadakannya pagelaran ini sebagai sarana edukasi bagi generasi yang mulai lupa akan budaya sendiri. Serta dengan diadakannya pagelaran tersebut menjadi salah satu contoh melestarikan suatu budaya. Generasi muda dapat ikut serta melestarikan budaya.

“Bahwa sebagai generasi muda, siapa lagi kalau bukan kita yang nguri-nguri budaya” ujar Rama Ayu Argani. Pagelaran ini mendapat berbagai respon positif  dari penonton, “bagus sih latihannya berbulan-bulan, cuma ketika penampilannya itu langsung desdesdes langsung mantap semuanya” ujar Intan Nurdiana mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar semester 5. “Harapannya sih tambah, Mahakarya yang ketiga itu tambah wah lagi tidak cuma 45 menit nih cuma maksimal 1 jam, kurang greget” lanjutnya.

Hal yang sama disampaikan bahwa budaya alangkah eloknya harus kita jaga karena budaya juga termasuk aset pemersatu bangsa.

“Biar kita selalu menguri-uri budaya jawa, ojo sampe budaya jawa iki dijupok warga asing ngono kui loh kudune awake dewe wong jowo yo nguripi kudu ngelestatike. Tidak boleh budaya kita diambil orang asing. Jangan sampai kita belajar di luar negeri” ujar Tileo Novianto mahasiswa PGSD semester 3. (Irma Lutviana)