PPMI DK Semarang Pilih Sekjend Baru Lewat Muskotlub

VOKALPERS–Semarang, Minggu (1/3) Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Dewan Kota Semarang bekerja sama dengan LPM Vokal UPGRIS sukses menggelar Musyawarah Kota Luar Biasa (Muskotlub) PPMI DK Semarang. Musyawarah diawali dengan diskusi bertema “Singkap Perspektif Baru Represifitas Terhadap Jurnalis”, yang disampaikan oleh jurnalis senior, Sriyanto Ahmad S.Pd, M.H., Pemimpin Redaksi Media PT LPK Transkonmasi.

Tujuan utama disenggarakan acara ini adalah pemilihan sekretaris jendral (sekjend) baru untuk menggantikan sekjend yang lama yang kabarnya terpaksa diberhentikan. “Sebenarnnya muskotlub ini akan diselenggarakan besok pada tanggal 7 maret di LPM Gema Keadilan UNDIP, tetapi dengan keadaan seperti ini terpaksa PPMI melaksanakan Muskotlub dadakan dengan persiapan hanya satu minggu,” ungkap Yusron, yang menjabat sebagai Plt. Sekjend PPMI DK Semarang saat itu.

Bertempat di PKM lantai 2 UPGRIS, musyawarah dihadiri oleh 20 LPM di Kota Semarang. Dari seluruh LPM yang hadir, masing-masing mengusulkan nama yang dinilai mampu mengemban amanah untuk menahkodai PPMI DK Semarang satu periode mendatang.

Setidaknya tercetus empat nama, yakni Bagas dari LPM Suprema (FH UNISSULA), Yusron dari LPM Gema Keadilan (FH UNDIP), serta Gunawan dan Alfandi dari LPM Dimensi (POLINES). Keempat calon tersebut diusulkan karena dinilai sudah memenuhi kriteria calon sekjend, yang dalam salah satu ayat menyatakan bahwa minimal sudah dua tahun berada di LPM. Namun, jika ditilik kembali pada ayat 1 yang berbunyi “Berstatus Mahasiswa S1”, hanya dua calon yang memenuhi kriteria, yakni Bagas dan Yusron. Sedangkan Gunawan dan Alfandi tidak termasuk dalam kriteria, sebab keduanya menempuh pendidikan D4 dan D3.

Di akhir musyawarah, setelah melewati lobi dan perundingan, Amiruddin Yusron dari LPM Gema Keadilan, yang sebelumnya menjadi Biro Umum di kepengurusan PPMI DK Semarang, terpilih sebagai sekjend sesuai kesepakatan forum. (Nurul H/ Eva A)