Panitia Seleksi (Pansel) Membuka Perekrutan Calon Panitia Persiapan Pemira UPGRIS 2020

Harian Momentum

Pemilihan raya mahasiswa atau biasa disingkat Pemira yang digelar setiap satu tahun sekali akan segera dilaksanakan. Pemira merupakan sarana demokrasi bagi mahasiswa terutama mahasiswa Upgris. Tujuan utama Pemira yaitu untuk memilih Anggota DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), presiden serta wakil presiden mahasiswa, dan juga anggota LKM (Lembaga Keuangan Mahasiswa). Untuk itu DPM dan BEM U membentuk suatu panitia seleksi (pansel) yang bertugas untuk memilih panitia KPRM (Komisi Pemilu Raya Mahasiswa), Panwasra (Panitia Pengawas Pemira), dan MPK (Majelis Permusyawaratan Kongres) yang akan bertugas pada pelaksanaan pemira.

KPRM mempunyai cakupan kerja yang luas yaitu meliputi seluruh wilayah upgris dan bertugas mengurus dan menyelenggarakan jalannya panitia Pemira. Panwasra bertugas untuk mengawasi jalannya pemira dan membentuk PPL (Panitia Pengawas Lapangan). Sedangkan MPK melakukan tugas sebagai panitia penyelenggara kongres bagi 3 lembaga tinggi (Bem U, DPM, LKM) serta membuat PPK (Panitia Permusyawaratan Kongres) yang akan membantu MPK dalan menjalankan kongres mahasiswa.

Guna persiapan Pemira UPGRIS 2020 Pansel Pemira Upgris membuka perekrutan bagi mahasiswa yang ingin mendaftar sebagai calon panitia KPRM, Panwasra, dan MPK pada Senin (20/7). Tahun ini Pansel Pemira mengadakan seleksi tahap pertama atau ujian tertulis secara online melalui via google form. Seleksi dilaksanakan secara daring karena melihat situasi pandemi covid-19 yang tidak memungkinkan jika diadakan secara offline.

Tahap seleksi pertama ini merupakan tahap lanjutan bagi pendaftar setelah melakukan pendaftaran pada tanggal 1-10 April 2020 dan pemberkasan pada tanggal 18-25 Juni 2020. Peserta yang telah lolos tahap pertama nantinya akan menempuh seleksi yang lebih lanjut pada tahap kedua.

Seleksi ini dilaksanakan serentak baik oleh calon panitia KPRM, Panwasra, maupun MPK dan dimulai pada jam 08.00 WIB. Sebelum ujian dimulai posedur dan tata cara ujian disampaikan di masing-masing grup. Setelah itu, panitia mengirimkan link goole form dan peserta bisa mulai untuk mengerjakan dengan waktu yang telah ditentukan.

Seleksi tahap pertama ini diikuti oleh 54 dari 61 pendaftar. Pendaftar calon panitia KPRM sebanyak 15 mahasiswa dan yang mengikuti sebanyak 14 mahasiswa. Pendaftar calon Panwasra sebanyak 28 mahasiswa dan yang mengikuti ujian sebanyak 24 mahasiswa. Sedangkan pendaftar calon panitia MPK terdiri dari 18 mahasiswa dan yang mengikuti ujian terdiri dari 16 mahasiswa.

Salah satu tujuan diadakannya seleksi ini untuk memilih calon panitia KPRM, Panwasra, dan MPK terbaik. “Tujuan nya untuk membentuk kepanitiaan dalam rangka mempersiapakan PEMIRA tahun 2020 dan membentuk kepanitiaan dalam rangka mempersiapkan kongres mahasiswa 2020” jelas Indra salah satu anggota Pansel saat diwawancarai via WhatsApp.

Berikut nama-nama pendaftaran yang lolos dalam tahap pertama yang kemudian akan mengikuti seleksi kedua serta penentuan.

Peserta colon panitia MPK yang lolos seleksi pertama:

  1. Aulia Rahmawati (PPKn)
  2. Thessa Dyah K (PGSD)
  3. Alif Nur Mushoffa (PBSI)
  4. Nur Malisa Qothrunnada (PBSD)
  5. Moh Izwan Sa’ad (PPkn)
  6. Aulia Sifa (PGSD)
  7. Eva Arifatul Mahmudah (PGSD)
  8. Aprilia Ningsih (PBI)
  9. Rizqi Faturrahman (PGSD)
  10. Zazilatul Munawaroh (PBI)
  11. Adisti Fitriani (PGSD)

Peserta calon Pawasra yang lolos seleksi pertama:

  1. Eka Desy Oktaviani (PBSI)
  2. Sri Lestari (PGSD)
  3. Mohammad Ghanaro (PBI)
  4. Fera Ariliyana (PGSD)
  5. Nikrotul Ummah (BK)
  6. Firyal Afifah (BK)
  7. Shofiatul Koidah (PGSD)
  8. Maulana Fahrur Rozi (BK)
  9. Siti Mu’alimah (Manajemen)
  10. Rida Kurniawati (PGSD)
  11. Ika Shofia Rani (PBSI)
  12. Wahyu Adiningsih (PGSD)
  13. Ahmad Alfaridzi (Teknik Sipil)
  14. Dwi Rosmawati (PGSD)

Peserta calon panitia KPRM yang lolos seleksi tahap pertama:

  1. Aliefia Arini R (PGSD)
  2. Dimas Fajar Saputra (PJKR)
  3. Hindriyani Nur Arifah (PJKR)
  4. Tino Puji Ramadhan (PJKR)
  5. Rizal Efendi (PGSD)
  6. Valentina Febrianti (PGSD)
  7. Tresno Aji Nugroho (PBSI)
  8. Gusfan Ristiyanto (PGSD)
  9. Rizky Ayuningtyas Nawanda (Pendidika Biologi)

Penulis : EAM
Editor : C