Menu Rumahan Jadi Santapan Buka Puasa Mahasiswa

Semarang, Vokalpers.com- Siapa sih yang tak kenal dengan Warteg? Warteg atau Warung Tegal ini adalah warung makan favorit berbagai kalangan, yang menyediakan menu makanan khas Tegal. Warteg sangat mudah ditemui di kota-kota besar, salahsatunya kota Semarang, khususnya di kawasan kampus UPGRIS.

Menu makanan Warung Tegal (Warteg) ini tak jauh beda dengan menu masakan rumahan. Sehingga menu warteg menjadi sasaran utama oleh sebagian mahasiswa untuk menjadi hidangan utama saat berbuka puasa.

Selain memiliki menu yang bervariasi dan harga terjangkau, sebagian besar masyarakat terutama mahasiswa berpandangan bahwa menu makanan Warteg memiliki banyak nutrisi, yang mana sangat dibutuhkan saat menjalankan ibadah puasa. Diantaranya sayur sop, bayam, kangkung, dan lain sebagainya.

Hal itu diungkapkan oleh beberapa mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), saat ditemui awak Vokalpers.com, Jumat (8/4/22).

Mahasiswi jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang biasa dipanggil Umi, usia 20, mengatakan bahwa menu makanan favoritnya untuk membatalkan puasa, yakni aneka masakan Warteg yang berjenis sayur-sayuran. Sebab menurutnya, saat menjalankan ibadah puasa tubuh sangat membutuhkan makanan yang mengandung kaya akan nutrisi, salahsatunya seperti sayuran.

“Saya cenderung memilih sayur-sayuran, seperti sop, bayam, kangkung. Karena, seharian berpuasa tubuh kita juga perlu makanan yang bernutrisi,” jelas Umi.

Senada dengan Umi, Warsiti, 19 mengaku lebih memilih berbuka dengan sayur juga. Karena menurutnya, apabila berbuka dengan makanan berupa gorengan rasanya terlalu berminyak dan kurang nikmat.

“Biasannya saya seringnya berbuka dengan sayur. Karena kalau berbuka dengan makanan sejenis gorengan rasanya kurang nikmat,” imbuh Warsiti.

Penulis : Safira Nurulita
Editor : Eva Arifatul M