Ngabuburit di Pasar Takjil Bumi Wangi

Pada bulan Ramadhan seperti ini pasti identik dengan ngabuburit, ngabuburit adalah salah satu kegiatan jalan jalan sore sambil menunggu berbuka puasa. Kebanyakan orang yang sedang ngabuburit juga sekaligus mencari takjil.

Warga desa Jekulo punya cara tersendiri dalam menyambut berbuka puasa, dengan menyerbu taman bumi wangi mencari berbagai macam takjil. Pasar takjil ini sendiri dibuka pada Minggu, 3 Maret 2022. Banyak stand makan yang berdiri di tengah jalan di sebelah timur taman bumi wangi.

Dibukanya pasar takjil ini tidak hanya semata untuk memenuhi kebutuhan untuk buka puasa, tapi pasar takjil ini dibuka untuk mengembangkan perekonomian warga yang surut karena pandemi covid-19.

Pasar takjil bumi wangi ini dimulai dari tanggal 3 April hingga 27 April 2022. Pasar takjil ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga Jekulo setelah sebelumnya Pemkab (Pemerintah Kabupaten) tidak membuka tradisi danddandhangan.

Di pasar takjil ini menyediakan berbagai banyak menu buka puasa antara lain, gorengan, es kelapa muda, sempolan, es dawet, burger, kebab, aneka lauk, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, perwakilan dari tiap desa mempopulerkan makanan khas atau yang terkenal di desa masing-masing.

Penulis: Rizky Umami